Jumat, 24 Desember 2010

POLYTRON 51N21 PROTEKSI

POLYTRON 51N21 PROTEKSI


Kerusakan tv nyala sebetar kemudian mati protek. Cek dulu IC vertikal apakah bekerja normal.
Jika bekerja normal pada kumparan defleksi yuke akan berbentuk gigi gergaji dengan frekuensi 50Hz (seperti PLN) melewati elko 1Uf/50v lalu disearahkan oleh dioda, maka akan terbentuk tegangan DC seharusnya keluar 5v seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
Penyebab rangkaian protek aktif menyebabkan IC mikom stendby (menggunakan aktif low).
Solusi : ganti C 402 ( 1Uf/50v ) dengan yang baru atau ganti dengan yang lebih besar seperti 47Uf/50v. Pada gambar perhatikan tegangan yang seharusnya 5v. Jika tidak ada tegangan 5v patut dicurigai IC vertikal tidak bekerja.

PROTEK POLYTRON MX 6202
Cara kerja protek pada IC HBT 00-02Gsama seperti cara kerja IC perogram yang pada umumnya yaitu apabila tegangan diPIN proteksi 0 kan maka UC akan memberi perintah proteksi/ standby.
Protek pada MX 6202 disadap dari denyut vertikal blanking.
Setelah tv menyala, IC vertikal bekerja di pin vertikal balik mengeluarkan denyut sinkronasi ( biasanya dimanfatkan untuk sinkronasi displai vertikal ). Tapi pada tipe ini dipakai mensuplay tegangan protek.
Elkko 1Uf/63v bervungsi untuk menahan tegangan Dc dan meluruskan tegangan AC, lalu disearahkan oleh dioda dan hasil tegangannya dipakai untuk memberi tegangan di pin protek IC HB 00-02G.
Untuk tipe ini melumpuhkan protek dengan memotong jemper/jalur apalagi dengan mencabut IC vertikal, karena tegangan pin pritek di dapat dari frekuensi vertikal. Berbeda dengan tipe yang lainnya tegangan protek didapat di B+ melalai resistor dan apa bila terjadi kerusakan baru di 0 kan oleh dioda seperti post sebelumnya. Tegangan semua normal Cuma ada 2v pada pin 62. ternyata 1Uf kering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar